Penyebab Perut Buncit dan 16 Cara Ampuh Untuk Mengecilkannya

By On Saturday, December 9th, 2017 Categories : Info Kecantikan, Tips Kecantikan, Tips Kesehatan

Cara mengecilkan perut buncit – Perut buncit tentu saja menjadi hal yang tidak di inginkan oleh siapa saja baik oleh kaum wanita ataupun pria, kurang olahraga dan gaya hidup yang tidak sehat membuat lipatan lemak di perut kalian menumpuk sehingga terjadi perut yang buncit. Banyak orang yang mengiginkan perut yang ramping san sexy tapi sebagian dari mereka malas untuk berolahraga dan mengingkan cara instan untuk mendapatkannya.

Untuk mendapatkan perut yang ramping dan sexy memang memerlukan usaha yang tidak lah instan, tapi jika di lakukan secara rutin pasti kita akan mendapatkan perut yang ramping dan sexy seperti yang di harapkan. Tetapi sebelum kita membahas bagaimana cara mengecilkan perut kita bahas dulu yuk penyebab perut buncit itu sendiri.

mengecilkan perut
Penyebab perut buncit

1. Metabolisme
Ternyatn tingkat metabolisme adalah faktor utama penyebab lemak di perut lho teman. Metabolisme yang lambat menyebabkan pembakaran kalori jadi terhambat sehingga menyebabkan penumpukan lemak. Maka dari itu kalian bisa meningkatkan  metabolisme dengan bantuan makanan bergizi, diet seimbang dan olahraga teratur.

2. Pencernaan
Makan berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti perut kembung dan bergas. Makan larut malam juga dapat mengganggu pencernaan, apalagi setelah makan langsung tidur, hal ini meningkatkan risiko penumpukan lemak di sekitar area perut. Jadi biasakan jika sesudah makan jangan langsung tidur ya teman.

3. Stres
Menurut penelitian, perut buncit bisa disebabkan karena stres, kenapa? Karena ketika mengalami stres, tubuh kita akan melepaskan hormon kortisol, hormon ini dapat merangsang penumpukan lemak di sekitar perut. Ketika kalian stres, hormon ini menjadikan Anda mudah lapar dan cenderung makan lebih banyak. Maka dari itu kelola stres secara benar ya teman, slalu berpikir positif agar kita bisa terhindar dari stres.

4.Kurang Olahraga
Jika kalian malas berolahraga dan makan berlebihan tanpa aktivitas fisik, dapat menyebabkan obesitas dan lemak di perut. Olahraga secara teratur penting untuk membakar kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat. Rajin rajinlah berolahraga ya teman minimal 1 minggu sekali.

5.Alkohol
Alkohol menyebabkan turunnya laju metabolisme dan meningkatkan obesitas. Kalori yang ada pada  alkohol akan menumpuk di sekitar area perut. Itulah sebabnya kenapa orang yang suka minum alkohol, kebanyakan perutnya bengkak alias buncit.

6.Genetik
Ada 2 tipe bentuk tubuh, yaitu bentuk apel dan pir. Tubuh berbentuk buah pir, penumpukan lemak terjadi di bagian bawah tubuh. Sementara tubuh bentuk apel, penumpukan lemak terjadi pada bagian tengah dan perut.
Kebanyakan orang memiliki tubuh berbentuk apel. Jika salah satu orang tua kalian memiliki tipe tubuh seperti itu, maka kalian berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan lemak di perut. Nah kalau sudah berhubungan dengan keturunan kita hanya bisa mencegah sedini mungkin.

7. Menopause
Menopause adalah salah satu alasan utama terjadinya lemak di perut pada wanita. Setelah menopause, banyak wanita cenderung mengalami masalah lemak di sekitar perut karena perubahan hormon. Siapapun pasti akan menjadi tua, tapi jangan salah dengan bertambahnya usia tidak menutup kemungkinan untuk memiliki perut yang ramping, semua kembali ke pola hidup kita ya teman.

Nah sudah tau kan sekarang penyebab perut buncit itu karena apa? sekarang yuk kita bahas untuk solusi perut buncit. Berikut ada saya akan membagikan cara mengecilkan perut buncit yang bisa kalian coba di rumah.

Cara mengecilkan perut buncit

1. Berolahraga
Cara mengecilkan perut buncit pertama yaitu dengan berolahraga.Nah ini dia, latihan yang konsisten dapat membantu mengurangi lemak perut. Namun latihan atau olahraga tertentu yang hanya fokus pada daerah perut kurang efektif untuk menghilangkan lemak di perut.
Lemak bisa menumpuk di berbagai bagian tubuh, hampir tidak mungkin untuk mengurangi lemak hanya di satu tempat.
Olahraga seperti berlari, berjalan, dan berenang, efektif untuk menjaga berat badan dan membantu mengurangi lemak perut. Yuk mulai sekarang mulai rajin olahraga.

2.Cukup tidur
Ya tidur bisa loh membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukan bahwa tidur kurang dari 7 jam bisa menghalangi kalian menurunkan berat badan, kenapa? Karena ketika kurang tidur, tubuh kita akan memproduksi lebih banyak ghrelin, hormon yang menjadikan kita mudah lapar. jadi mulai sekarang biasakan tidur cukup ya teman, bukan hanya untuk itu saja tidur cukup memang sangat baik untuk kesehatan karena pada saat tidur organ organ dalam kita juga akan beregenerasi.

3.Lemon
Lemon kaya akan nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi dan vitamin A, C dan B-kompleks serta serat pektin, protein dan karbohidrat. Serat pektin dalam lemon dapat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Caranya:
-1 lemon
-1 gelas air hangat
-Peras lemon, masukan air lemon ke dalam gelas berisi air hangat. Minum air ini di pagi hari saat perut kosong.

4. Konsumsi kacang almond
Kacang almond merupakan salah satu makanan super yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit, bagaimana bisa? Karena almond kaya akan nutrisi penting seperti magnesium, protein, vitamin E dan serat!
Protein dapat mengembangkan massa otot dan membakar lemak. Serat baik untuk pencernaan dan memberikan perasaan kenyang. Lemak tak jenuh membantu menurunkan berat badan dan mengurangi Body Mass Index (BMI).

Selain itu kacang almond juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung dan diebetes, kenapa? Karena kacang almond mampu mengurangi kolesterol jahat dan menstabilkan gula darah.
lantas kacang almond seperti apa yang bagus untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? yaitu kacang almond panggang! Hindari almond yang digoreng atau dilapisi gula dan jangan makan berlebihan, cukup 10-20 almond perhari. Ada cara mengolah almond yang baik.
Caranya:

-Rendam 6-8 kacang almond dalam air selama semalam dan makan kacang ini di pagi hari.
-Namun kalau kalian minum air lemon di pagi hari, tunggu 30-40 sebelum makan almond.
-Selain di rendam Anda juga bisa menambahkan almond pada salad atau sereal.

5. Mentimun
Mentimun mengandung dua jenis mineral, sulfur dan silikon. Mineral inilah yang menjadikan timun dapat membantu membakar lemak. Selain itu, timun juga tinggi kadar airnya sehingga dapat bertindak sebagai diuretik untuk mencegah perut kembung.
Kombinasi mentimun dengan lemon sangat bagus untuk membakar lemak, kenapa? Karena lemon sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan mengadung asam yang dapat menghancurkan lemak. Sementara mentimun mengandung 96% air dan hanya 45 kalori.
Bagaimana cara menggunakan timun untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? kalian bisa menambahkan semangkuk irisan mentimun pada sarapan kalian. Atau tambahkan timu pada salad dan jadikan timun sebagai cemilan cara mengkonsumsi timun yang asik bukan.

6. Cuka Sari Apel
Cuka apel ini ternyata memiliki banyak manfaat lho teman. Cuka Sari Apel mengadung asam asetat yang dapat membantu menyingkirkan lemak perut. Zat asam ini melancarkan sistem pencernaan dan menyaring protein yang penting untuk homon pertumbuhan tubuh kita. Hormon pertumbuhan adalah salah satu medium terbaik yang dapat memecah sel-sel lemak.
Caranya:
-2 sdm cuka cari apel
-1 gelas air
-Masukan cuka sari apel ke dalam gelas. Minim air ini sebelum sarapan, makan siang dan malam.

7. Apel
Apel dapat membantu mengecilkan perut, dan mengurangi lemak khususnya lemak perut. Buah ini kaya serat, flavonoid, fitosterol dan beta-karoten. Apel juga mengandung enzim pektin yang menjadikan kalian merasa kenyang sehingga Anda tidak makan berlebihan. Polifenol dalam apel dapat mencerna semua jenis lemak. Cara mengecilkan perut yang asiikk bukan.

8. Teh Hijau
Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Selain itu, teh hijau juga mampu menghasilkan panas di dalam tubuh dan merangsang oksidasi lemak. Senyawa teh hijau yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) membantu merangsang pembakaran lemak.
Caranya:
-1 sdt daun teh hijau
-2 cangkir air panas
-1 sdt madu
-Masukan daun teh ke dalam cangkir, tuangkan air panas. Biarkan selama 2-3 menit, saring dan tambahkan madu.

9. Sereal Gandum
Sarapa dengan sereal gandum berserat tinggi dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga kalian akan merasa kenyang lebih lama. Kombinasi sereal dengan susu dapat mempercepat metabolisme pembakaran lemak.
Menurut penelitian, sarapan dengan sereal yang kaya akan kalsium dan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan cara menurunkan produksi enzim penghasil lemak.
Bagaimana cara membuat sereal gandum untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? Kalian bisa merebus sereal dalam susu dan menambahkan sejumput katu manis, beberapa kacang almond, buah berry dan madu.

10. Minum Air Putih Membantu Mengurangi Lemak
Sebuah studi dari jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme menunjukkan bahwa individu, tingkat metabolismenya meningkat sebesar 30 persen setelah minum sekitar 17 ons air. Penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan volume cairan dalam tubuh dapat membantu untuk memecah lemak yang tertimbun dalam tubuh. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

11. Mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C membantu mengurangi tingkat stres dan mengembalikan hormon stres (kortisol) ke tingkat yang normal. Pengurangan kortisol dapat membantu untuk mencegah peningkatan penyimpanan lemak di perut. Kalian bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari, misalnya jeruk, buah kiwi, dll. Saat ini vitamin C juga tersedia dalam bentuk suplemen, namun disarankan untuk mengkonsumsi vitamin c melalui makanan/buah-buahan. Jika anda memilih vitamin c dalam bentuk suplemen, sebaiknya jangan lebih dari 500 miligram per hari.

12.Semangka untuk mengurangi lemak di perut
Asosiasi Diet Amerika mengatakan bahwa semangka merupakan buah yang bagus untuk mengurangi lemak di perut. Semangka berisi 91 persen air dan ketika anda makan semangka sebelum makan besar, maka air tersebut akan menambahkan sejumlah besar kalori dalam makanan.
Selain itu, semangkan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Buah yang berair ini juga kaya akan vitamin B1, B6 dan C, serta kalium dan magnesium. Studi yang dilakukan di University of Kentucky mengungkapkan bahwa minum dua gelas jus semangka setiap hari selama delapan minggu dapat mengurangi berat badan (terutama lemak di sekitar perut) tanpa mengubah otot massa.

13.Alpukat Membantu Membakar Lemak di Perut
Asam amino penting yang dikenal sebagai lesitin dalam alpukat membantu dalam mengelola berat badan. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang membantu membakar lemak di perut dengan mudah. Selain itu, alpukat kaya akan serat juga membantu sistem pencernaan dan menjaga dari makan secara berlebihan. Alpukat juga memiliki sifat anti-penuaan, anti jamur dan antibakteri yang memberikan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

14. Mengkonsumsi Buah Nanas
Nanas, buah tropis ini mengandung enzim bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Enzim bromelain memiliki fungsi memetabolisme protein yang memberikan kontribusi untuk mengolah makanan dalam perut.
Sebuah studi yang dilakukan di University of Maryland mengungkapkan bahwa nanas juga membantu memerangi bakteri yang menyebabkan diare dan juga sangat efektif untuk menyembuhkan gangguan usus, perut kembung dan berkontribusi untuk merampingkan pinggang. Selain itu, nanas mengandung vitamin B-6 dan C, mangan, tiamin, tembaga dan serat yang menyediakan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

15. Ubah Gaya Hidup Anda
Kalian ke kantor bekerja naik mobil? naik motor? Jika iya, maka luangkan 1-2 hari meninggalkan mobil motor anda. Gunakan angkutan umum (bis, kereta, angkot atau bahkan bersepeda) agar lemak yang menumpuk terurai menjadi energi. Gunakan anak tangga di kantor daripada menggunakan elevator. Lakukan aktivitas berjalan sebanyak yang anda bisa. Selain itu kalian harus mengubah kebiasaan makan berlebihan pada malam hari atau saat anda terbangun tengah malam. Cobalah menikmati makan malam 2-3 jam sebelum beranjak tidur.

16. Olahraga Untuk Mengecilkan Perut
Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga. Tempat latihan atau fitness center sebetulnya kurang efektif dalam usahkalian untuk menyingkirkan lemak di perut. Jika anda melakukan beberapa kali Sit-up atau latihan perut setiap hari, saya yakin tidak akan bisa meratakan perut buncit kalian. Namun jika ingin memperkuat otot perut maka fitness center cocok untuk anda.

Berbicara tentang olahraga sebagai cara mengecilkan perut buncit, kalian cukup melakukan kegiatan fisik yang moderat selama sekitar 45-50 menit, 4-6 kali dalam seminggu, sudah cukup efektif untuk menghilangkan lemak dari perut. Semakin banyak waktu yang anda luangkan untuk CARDIO (seperti jalan cepat, bersepeda, jalan santai, jogging, dll) dan latihan aerobik, maka semakin cepat kalian akan kehilangan lemak di perut. Cobalah luangkan waktu untuk berenang, selain cepat membakar kalori juga bagus menghilangkan stres. Yang harus diperhatikan yakni anda harus konsisten dan tidak boleh melewatkan olahraga ringan tersebut dalam 4-6 kali dalam seminggu. Lakukan meski hanya 5 menit! Kalian juga dapat meningkatkan durasi dan intensitas olahraga tersebut secara bertahap, untuk meningkatkan stamina tubuh. Lakukan 5-10 menit pemanasan sebelum memulai olahraga.

Itulah tadi pembahasan lengkap kita tentang bagaimana cara mengecilkan perut buncit dari mulai penyebabnya sampai cara mengatasinya. Satu yang perlu di ingat, inti dari pembahasan kita tentang cara mengecilkan perut buncit adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat, karena itu menjadi patokan awal kalian dalam mendapatkan perut yang langsing dan sexy. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Jika pembahasan artikel ini bermanfaat bagi kalian atau mungkin bagi orang lain jangan lupa share ke jejaring sosial di bawah ini ya.. terimakasih.

Penyebab Perut Buncit dan 16 Cara Ampuh Untuk Mengecilkannya | admin | 4.5